Minggu, 01 Februari 2009

Promosikan blog dengan SEO ( Langkah Persiapan part II )

Di persiapan tahap pertama kita sudah memiliki sebuah blog yang bisa kita anggap sebagai toko dan aset kita untuk berbisnis online. Pada umumnya kita mengisi dulu toko kita itu, baru kita promosikan, betul?? Tapi tidak demikian di bisnis online, kita harus mempopulerkan dulu blog kita, baru kita mengisi nya dengan barang2. Bingung? Ok, logikanya begini, anggaplah blog kita itu sebagai sebuah stasiun TV, dimana kita tahu, semakin tinggi rating dari acara TV, makin banyak sponsor atau iklan yang masuk, benar? Demikian juga dengan blog kita, makin tinggi trafficnya, makin ramai dibaca dan dikunjungi orang, maka makin banyak orang atau perusahaan yang tertarik untuk memajang produknya di blog kita. Artinya, makin banyak pemasukan kita..:)

Ok, sekarang bagaimana caranya mempromosikan blog kita itu? Salah satu caranya dengan menggunakan SEO. Apa sih SEO itu? Menurut yang saya dapatkan di Wikipedia, SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Nah, SEO bisa diawali dengan penempatan Meta Tag yang benar. Karena hal ini akan memudahkan blog atau situs anda terindex pada search engine seperti google dan yahoo. Saya yakin sebagian besar blogger sudah mengerti cara ini tapi mungkin bagi pemula hal ini masih cukup membingungkan, karena itu saya harap informasi ini bisa berguna. Meta Tag itu sendiri merupakan salah satu bagian penting, jika anda menginginkan blog atau situs anda terindex pada mesin penncari. Caranya tidak sulit anda hanya perlu menambahkan Meta Tag pada blog atau situs anda. Tapi sebagai langkah awal bisa anda membuat / mengedit Meta Tag yang sesuai dengan blog atau situs yang anda punya. Contohnya seperti dibawah ini:

meta content="5 days" name="revisit-after">
meta content="nama situs/blog anda - Site" name="classification">
meta content="deskripsi situs/blog" name="description">
meta content="TRUE" name="MSSmartTagsPreventParsing">
meta content="keywords dari situs/blog yang anda inginkan" name="keywords">
meta content="FOLLOW" name="robots">
meta content="Global" name="distribution">
meta content="Safe For Kids" name="rating">
meta content="nama anda" name="author">
meta content="email anda" equiv="reply-to">
meta content="English" name="language">
meta content="Public" name="doc-type">

Catatan: Karena meta tag di atas adalah kode html, maka harus diawali dengan < dan ditutup dengan > di tiap barisnya..

lalu copy dan paste-kan pada blog anda. Contohnya pada blogger, anda bisa tempatkan pada html template anda. Anda bisa menemukannya pasa dasbor,kemudian cari menu edit html, kemudian bisa anda tempatkan meta tag tadi di antara kode b:include data="blog" name="all-head-content" dan title>kalau anda bingung mencarinya, tekan Ctrl+F kemudian ketik kode di atas untuk cara singkat mencarinya. Kemudian kalau sudah ketemu, bisa anda tempatkan seperti ini :

b:include data="blog" name="all-head-content"
( TEMPATKAN META TAG ANDA DISINI )
title>b:include data="blog" name="all-head-content"
Kemudian setelah di paste, klik simpan template dan kemudian tunggu selama beberapa hari agar blog/situs anda bisa terindeks di mesin pencari ( Search Engine ) seperti google, yahoo, dll. Selama itu, anda bisa mulai posting2 untuk memenuhi konten blog anda. selamat mencoba..:)

Selain meta tag tadi, masih ada berbagai cara untuk mempromosikan blog anda. Ikuti terus padepokan-internet..

1 komentar:

Obat rematik 13 November 2013 pukul 00.56  

Belajar SEO memang penting, terimakasih atas postingannya, sangat memberi masukan

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP