Minggu, 01 Februari 2009

Bisnis Internet ; Langkah Persiapan

Halo para pendekar internet, jumpa lagi.. Kali ini saya akan coba membahas tentang persiapan membangun sebuah kerajaan bisnis online kita. Ya, sebelum kita terjun ke dunia bisnis ini, ada baiknya, bahkan suatu keharusan untuk membuat persiapan, apa saja sih yang dibutuhkan untuk memulai bisnis internet?

Nah, saya perlu kasih kata pembuka nih sebelumnya.. Apa saja sih jenis2 bisnis internet yang ada? Oh, banyak sekali..ada yang namanya PTC (Paid to Click), ada juga Bisnis Affiliasi, ada juga MLM online, dan masih banyak lagi. Tapi itu nanti kita bahas satu persatu, kita kembali lagi ke topik awal. Apa saja persiapan untuk itu semua? tentunya kita tahu, dalam bisnis real, dalam mengawali sebuah usaha apa saja modal yang diperlukan? Modal berupa uang tentu saja. Nah, kalau disini kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk operasional seperti biaya internet. Dikira2 saja, cari opsi yang termurah, pilih provider yang benar2 pas dengan kebutuhan kita. Atau kalau tidak punya komputer sendiri di rumah, masih banyak kok lapak2 internet (baca:warnet) yang bertebaran. Pilih yang termurah saja. Ya anda sendiri lah yang pintar2 mengaturnya..:)

Ok, sekarang masalah koneksi sudah, sekarang persiapan apa lagi? Nah, tahapan kedua kita perlu membuat sebuah toko, atau warung lah kalau diibaratkan. Nah, di internet, toko kita itu hanya perlu membuat sebuah website, atau minimal blog seperti padepokan saya ini. Pakai saja web atau blog provider gratisan, seperti wordpress, multiply, blogsome, atau blogger seperti yang saya gunakan ini. Yang anda perlukan hanya mempersiapkan email yang valid, dan yang paling penting tentukan konten atau tema yang akan diusung oleh blog yang kita buat tersebut. Carilah tema yang unik, dan usahakan kedepannya, yang anda bahas benar2 nyambung dengan judul, dan tema keseluruhan blog anda. Ini penting untuk penilaian dan untuk popularitas blog anda kelak. Bayangkan, nggak lucu kan kalau ada toko yang namanya toko roti tapi menjual sepatu, makanan, atau bahan2 bangunan?? :)

Sekarang blog kita sebagai 'toko' kita sudah siap, jadi sebagai langkah awal, anda sudah siap. Jadi ok nih sekarang untuk memulai bisnis?? Eiiit...belum..itu baru sebagian..masih ada beberapa persiapan lagi. Tapi nanti kita bahas lagi, jadi ikuti terus jurus2 dari padepokan bisnis internet ini..:)

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP