Senin, 02 Februari 2009

Hasilkan Uang dengan adspeedy ( bisnis internet part I )

Akhirnya, postingan pertama saya tentang bisnis internet. Setelah anda memiliki sebuah blog, atau bahkan beberapa blog, dan anda sudah memiliki pengunjung unik dari promosi blog anda, kini saatnya anda menjadikan blog anda itu sebagai sumber penghasilan.

Dari judul, saya memperkenalkan adspeedy. Apa sih adspeedy itu? Adspeedy.com adalah portal periklanan online yang berfungsi untuk mempertemukan Advertiser (pemilik iklan) maupun Publisher (penerbit iklan). Dengan adanya berbagai fasilias unggulan yang siap pakai, adspeedy.com kiranya dapat memberikan nuansa baru dalam dunia periklanan online di Indonesia.

Dari yang sudah pernah saya posting sebelumnya, anggaplah blog kita itu sebagai sebuah stasiun TV. jadi, konten atau postingan kita sebagai acaranya, dan pengunjung adalah sebagai pemirsa setianya. Sedangkan Adspeedy adalah semacam wadah bagi advertiser atau pengiklan yang ingin mempromosikan produknya. Jadi tidak salah jika kita memilih adspeedy sebagai salah satu alternatif untuk itu.

Bagaimana caranya untuk mendaftar di adspeedy? gampang, anda tinggal kunjungi situsnya disini dan anda tinggal mendaftar sebagai publisher apabila anda ingin menyediakan tempat iklan orang lain atau bisa juga sebagai advertiser jika anda ingin memasarkan produk anda. Caranya gampang, tinggal isi saja form pendaftarannya, dan ketika selesai, anda akan mendapat email konfirmasi dari adspeedy sebagai tanda anda telah menjadi anggota.
Setelah selesai mendaftar, anda kemudian login sebagai publisher/avertiser sesuai anda mendaftar tadi. Tapi karena saya akan membahas tentang menjadi penyedia, maka saya hanya membahas tentang pucblishernya saja.

Setelah anda login, anda akan masuk ke publisher area anda, dan disana dapat ditemui beberapa menu. Coba anda pilih menu profil saya untuk melihat apakah profil yang disimpan benar2 data diri anda, bila ada kesalahan anda dapat mengeditnya disana.
Kemudian jika sudah, anda coba pilih menu rekening bank untuk memasukkan data rekening bank anda sebagai tempat pembayaran anda dikirim jika sudah mencapai minimal pembayaran, yang juga bisa anda atur sendiri. Minimal pembayaran Rp.25000. Dan ingat, jangan salah memasukkan data bank anda, karena jika salah, ya pembayaran anda tidak akan terkirim..:)

Kemudian, langkah selanjutnya adalah memilih zona. Disana ada pilihan zona global. Disana anda akan menemukan beberapa menu, dan coba pilih kode global, untuk mendapatkan kode dari widget produk2 dari para pengiklan di adspeedy. setelah anda memilih kode global, akan ada menu lagi, yaitu masukkan lokasi anda. Disana anda harus mendeskripsikan tempat dimana lokasi widget tersebut akan anda tempatkan. Misalkan header, atau sidebar kiri, ya anda sendiri yang menentukannya. Kemudian setelah itu, lanjut ke alamat website, dan masukkan alamat website atau blog anda. Setelah itu, anda akan lanjut ke memilih jenis tampilan,anda pilih salah satu yang cocok dengan tempat yang anda sediakan, dan ambil kode yang ada di bagian paling bawah, kemudian copy dan paste-kan pada web/blog anda. tahap pertama selesai..

Kemudian apa lagi?? setelah proses di atas selesai, anda masuk ke zona individu. Nah, disini anda bisa menentukan harga sendiri untuk memasang iklan, tergantung ranking dan popularitas blog anda. Setelah masuk ke zona individu, anda pilih menu pengaturan zona, dan bisa anda temui form zona individu anda. Masukkan data dan informasi yang sesuai dengan konten anda. setelah selesai, anda bisa menentukan harga, baik pemasangan untuk perhari, perminggu, perbulan, bahkan perklik dan impressions. Baiknya untuk blog yang baru, anda masukkan saja dulu harga minimal, agar para advertiser juga tidak berkeberatan untuk memasang iklannya pada blog anda. Dan anda juga bisa memasang zona individu sebanyak mungkin, tergantung berapa blog yang anda punya.

Ok, beberapa langkah sudah selesai, sekarang anda hanya tinggal menunggu para pengiklan yang tertarik untuk memasang iklannya pada anda. dan jangan lupa untuk terus mempromosikan blog anda, karena semakin tinggi traffic dan PR blog anda, maka makin besar kemungkinannya..Selamat mencoba..:)

2 komentar:

Anonim,  2 Februari 2009 pukul 07.17  

Saya kurang mengertui untuk menentukan biaya per klik atau per impression nih.. ga ngerti itung2annya...

difadheel 3 Februari 2009 pukul 01.36  

Biaya perklik & impression bisa kita buat sendiri, tergantung Page Rank dan traffic blog kita. Kalau sudah PR1 atau diatasnya, kita bisa tentukan harga lebih besar lagi. Tapi kalau pemula, PR 0 kebawah, lebih baik tentukan harga minimal saja..

Kalau ada senior yg lain, mungkin bisa bantu?..:)

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP